New Entri

Makanan Untuk Pasien Kanker

OMEGA-3 Bagi Pasien Kanker OMEGA-3 yang sering ditemukan pada minyak ikan, merupakan asam lemak yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Di dalamn...

Minggu, 07 Februari 2016

Dilema Memberikan ASI pada Ibu Bekerja

“Dilema Memberikan ASI pada Ibu Bekerja”

Pentingnya Air Susu Ibu (ASI) sudah tidak perlu diragukan lagi. Berbagai publikasi dan jurnal ilmiah sudah membuktikan hal tersebut. Pada sebuah artikel yang berjudul "An Overview of Importance of Brestfeeding"Journal of Comprehensive Paediatrics Mei 2014, disebutkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemberian ASI dengan faktor-faktor penting kesehatan tubuh manusia, dan pemberian ASI dapat melindungi bayi dari berbagai risiko penyakit infeksi pernapasan, infeksi saluran pencernaan, dan diare.

Menjadi ibu adalah kesempatan yang paling indah yang dialami oleh wanita. Tapi  hal ini pasti akan menjadi suatu dilema, karena disamping keinginan untuk dapat memberikan yang terbaik untuk buah hati, ibu muda juga ingin mengembangkan diri di dunia karir. Lalu bagaimana supaya anak kita bisa mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan? Jawabannya adalah dengan manajemen laktasi.

Konsep dari produksi ASI adalah “supply on demand” yakni semakin banyak dikeluarkan,maka produksi ASI akan semakin banyak pula. Jika sejak minggu pertama kita memberi sign pada payudara bahwa kebutuhan kita banyak, maka produksi kita pun akan melimpah. Seperti pepatah “sedikit-sedikit menjadi bukit”. Hasil memerah awalnya sedikit akan menjadi banyak jika kita konsisten.

Tapi bagaimana jika dengan padatnya kesibukan kerja ibu mempengaruhi jumlah produksi ASI? Jika hal ini terjadi seorang Ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Suplemen ini biasanya mengandung ekstrak tanaman yang sudah terbukti dapat meningkatkan produksi ASI, seperti ekstrak biji Fenugreek dan ekstrak daun katukSelain itu seorang ibu juga sangat dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi multivitamin supaya tubuhnya tetap sehat dan bugar.

Pada dasarnya niat dan tekad yang kuat ditambah dengan pemahaman tentang manajemen laktasi, seorang ibu bekerja pasti tetap dapat memberikan ASI eksklusif untuk buah hatinya. Ingat Moms ASI adalah hak bayi kita, dan satu-satunya yang berharga yang dapat kita hadiahkan di awal kehidupannya.  

Info lebih lanjut :
1500-880 (tekan 2) atau 0878-9889-4848 (sms/wa)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar